4 Peraturan Baru Turunan UU HPP Sudah di Tahap Finalisasi

Dirjen Pajak Suryo Utomo menyatakan pemerintah segera merilis 4 Peraturan pemerintah (PP) sebagai aturan turunan dari UU No.7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).
Peraturan pemerintah (PP) yang sedang difinalisasi terdiri dari 1 RPP tentang pajak penghasilan (PPh), 2 RPP tentang pertambahan nilai (PPN) dan 1 RPP tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan (KUP).
Suryo menyatakan bahwa penerbitan keempat Peraturan pemerintah (PP) tersebut guna melengkapi aturan turunan UU HPP yang sebelumnya telah diterbitkan. Diketahui, saat ini sudah ada 15 peraturan Menteri keuangan (PMK) yang dirilis sebagai aturan pelaksana UU HPP yaitu 1 PMK tentang program pengungkapan sukarela (PPS) dan 14 lainnya mengenai pertambahan nilai (PPN).
Beliau menyebutkan bahwa sampai saat ini seluruh infrastruktur regulasi yang diperlukan dalam pelaksanaan UU HPP sedang memasuki tahap penyusunan. Tahun lalu, pemerintah dan DPR mengesahkan UU HPP sebagai bagian dari upaya pemerintah melaksanakan reformasi perpajakan dengan ruang lingkupnya meliputi KUP, PPN, PPS, pajak karbon, PPh dan cukai.
Selain 4 RPP tersebut, beliau menyatakan bahwa pemerintah juga sedang menyiapkan sekitar 20 PMK sebagai aturan teknisnya.


Referensi
Khairizka, Putri Novani. (2022). Update Aturan Turunan UU HPP, DJP Akan Rilis 4 PP Baru. Pajakku. https://www.pajakku.com/read/628de1f8a9ea8709cb18a1e7/Update-Aturan-Turunan-UU-HPP-DJP-Akan-Rilis-4-PP-Baru
Kurniati, Dian. (2022). Dirjen Pajak: 4 Peraturan Turunan UU HPP Sudah Masuk Tahap Finalisasi. DDTC News. https://news.ddtc.co.id/dirjen-pajak-4-peraturan-turunan-uu-hpp-sudah-masuk-tahap-finalisasi-40843
Susanti, Sanya Dinda dan Risbani Fardaniah. (2022). Kemenkeu Finalisasi 4 RPP Turunan UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/2787385/kemenkeu-finalisasi-4-rpp-turunan-uu-harmonisasi-peraturan-perpajakan

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *