Ingin Mengajukan Visa? Ternyata Perlu Salinan SPT Tahunan Loh!

Visa adalah suatu dokumen yang menjadi alat bukti diizinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara. Berbeda dengan paspor yang dikeluarkan oleh negara asal pemohon, visa dikeluarkan oleh negara tujuan yang akan didatangi oleh pemohon.

Bentuk dokumen ini pun beragam, tergantung dari negara yang mengeluarkannya. Ada yang berbentuk stempel, ada pula yang berupa stiker yang ditempel pada paspor, ada juga yang berupa soft file.

Setiap negara memiliki peraturan dan persyaratan yang berbeda agar kita bisa memasuki wilayah mereka. Negara-negara yang berlabel “bebas visa” memungkinkan kamu untuk melenggang masuk hanya dengan paspor dan data pengenal lainnya.

Salah satu negara yang menyaratkan kita untuk melampirkan Salinan SPT Tahunan untuk pembuatan visa adalah Korea Selatan. WNI yang ingin mengajukan visa korea perlu melengkapi dokumen Salinan SPT Tahunan sebagai salah satu syaratnya.

Berikut beberapa cara untuk mendapatkan Salinan SPT Tahunan:

  1. Jika dilakukan melalui e-Form, wajib pajak bisa langsung cetak melalui e-Form PDF
  2. Jika dilakukan melalui e-Filing, wajib pajak hanya bisa melihat isi SPT-nya, tidak bisa langsung dicetak. Sebagai solusinya, jika yang dibutuhkan hanya isian SPT, maka wajib pajak bisa mengambil tangkapan layar atau screenshot atas SPT yang dilaporkan. Kemudian, cetak secara manual tangkapan layar tersebut.
  3. Mengajukan permohonan dan konfirmasi ke KPP terdaftar, wajib pajak akan mendapatkan Salinan SPT Tahunan secara utuh dengan mendaftar melalui laman pajak.go.id/id/unit-kerja.

Perlu wajib pajak ingat, ketika mengajukan permohonan SPT Tahunan, petugas pajak akan memeriksa kepatuhan wajib pajak. Jika ada nilai pajak terutang atau pelaporan yang belum lengkap maka wajib pajak akan diarahkan untuk mematuhi seluruh kewajiban perpajakannya.

Apabila seluruh kewajiban pajak sudah terpenuhi, petugas pajak akan membantu memproses pencetakan Salinan SPT Tahunan untuk keperluan pengajuan visa.


Referensi

DDTC News (2023). Butuh Salinan SPT Tahunan untuk pengajuan Visa? Begini Prosedurnya. https://news.ddtc.co.id/butuh-salinan-spt-tahunan-untuk-pengajuan-visa-begini-prosedurnya-1796898

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI. Berikut Persyaratan dan Cara Mengajukan Visa Korea 2023. https://www.imigrasi.go.id/id/2023/03/06/berikut-persyaratan-dan-cara-mengajukan-visa-korea-2023/

Indonesia.go.id (2023). Panduan Cara Membuat Visa ke Luar Negeri. https://indonesia.go.id/kategori/keimigrasian/169/panduan-cara-membuat-visa-ke-luar-negeri?lang=1

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *